Jumat, 27 Juli 2012

Kentut dalam Air, Ngupil, Bisa Batal Puasa..????

Udah lama juga neh ane ga uatak atik blog, gatel rasanya ni tangan buat mencetin key board, berhubung sekarang lagi bulan Romadhon, ane mau ngebahas tentang sesuatu yang selama ini masih banyak di perdebatkan diantara kita tentang yang ane tulis pada judul diatas, langsunga aja ya....!!!

Kemarin ane dapat telepon teman ane. Ketika telepon akan berakhir, dia bilang:
T: Gue tidur dulu ya, mampet nih idung gue belom ngupil.
S: Lha nape? Ngupil aje ribet banget
T: Rese lo! Batal dong puasa gue
S: Ha? Napa batal? Emang upil lo dimakan?
T: Yaelah, dodol lo, ngupil, korek idung, kalo lagi puasa batal tauk! Gimana sih? Ngaji kagak?
S: ??? Baru tau gue kalo ngupil batal. Kaga ih, kalo lo makan baru batal
T: Guru ngaji kita beda. Guru ngaji lo beda ma guru ngaji gue!
S: Agama lo ape?

T: Islam lah OON! Dah ah gue mo sare!

ket: T= Teman saya
       S= Saya

Ngaaaaang…….. heran…. Ngupil? Batal? Kayaknya kalo ngupil batal seminggu ane puasa kaga ada yang tamat dong? Kan dalam seminggu itu ya ngupil, bersiin telinga juga. Nah… setelah beberapa detik hubungan telepon terputus, barulah ane ketawa ngakak. Kenapa ampe batal? Kan upil ane kaga dimakan? Ckckck … Ada-ada aja ….
Jadi keingetan waktu saya dengerin ceramah Pak Aam Amiruddin di Radio Oz Bandung kala itu pas mau masuk bulan puasa, seorang ibu bertanya:
Ibu: Assalamu ‘alaikum Pak Aam, saya mau tanya, kalo bersihin hidung dan ngorek telinga ketika puasa batal enggak, ya, Pak?
Pak Aam: Tentu saja tidak batal Ibu, bersihin hidung, korek telinga, kentut di air, ya selama upilnya tidak dimakan ya tidak batal, selama kotoran telinga tidak dicicipi ya tidak batal. Bu, ya?*
*benang merahnya seperti itu. Saya sampe ngakak pas lagi ngaji subuh… cieee gini-gini ane suka ngaji subuh lho…*
Hmmm… jadi keingetan juga. Sesak kali kalo idung enggak dibersiin pas lagi puasa? Akui aja, emang kita jadwalin ngupil jam berapa dan udah buka apa belon baru boleh ngupil? Kalo idung gatel terus jari kita masuk idung? Cem mana nih hah?
Untuk itu ane melakukan searching, hal-hal apa saja sebenarnya yang membatalkan puasa? Selain makan dan minum yang semua orang udah tahu. Cekidot!
Menurut buku yang ane baca:
Puasa ditinjau dari hukumnya terbagi atas dua macam:
Puasa wajib dan puasa sunnah. Atau, lengkapnya adalah puasa wajib, sunnah, haram, dan makruh.
Karena kita lagi bahas puasa wajib, yang wajib aje yang dibahas ya?
Puasa wajib bisa diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Fardhu ‘ain, yaitu puasa yang diwajibkan Allah Swt. pada waktu tertentu, yaitu puasa Ramadhan.
2. Fardhu karena sebab tertentu, seperti memenuhi janji atau sumpahnya kepada Allah Swt., yaitu puasa kifarat. Seperti, kifarat sumpah, zhihar, kifarat, dan lain-lain.
3. Puasa wajib, yaitu untuk memenuhi janji terhadap dirinya sendiri, seperti puasa nadzar.

Nah, ane cuma bakal bahas yang wajibnya aja… yang laennya entaran ya… Ramadhan atau yang kita kenal baik dengan bulan Puasa merupakan bulan yang diwajibkan shaum atau berpuasa bagi orang Muslim dari waktu fajar hingga magrib. Dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ada dalam Al-Quran dan Hadis. Penegasan kewajiban ini tercantum dalam Alquran yang artinya:
Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada pada bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur (QS Al-Baqarah [2]: 185).
Nah, ayat di atas jelas, kan?
Ane bukan ustadz chuy, tapi, berusaha menjadi hamba beriman dan bertaqwa kepada Allah Azza wajala, kan wajib. Ya kan?
Nah, kembali kepada hal-hal yang membatalkan puasa. Apa aja, sih?
• Makan dan minum dengan sengaja. Termasuk di dalamnya merokok, apalagi nge-drugs yang jelas-jelas haram. Kalo ada yang bilang merokok gak batal karena rokok diisap dan gak dimakan? Hmmm buat orang yang kacanduan rokok, tentu aja lebih memilih gak makan daripada gak ngerokok. Ya kan?
• Jima’ (bersenggama). Nah, yang masuk dalam hukum berhubungan suami-istri adalah aktivitas mengeluarkan mani dengan berbagai cara, seperti onani, melihat aurat yang dilakukan secara berulang-ulang, menyentuh, mencium, berpelukan, dan selainnya, yang mengarah pada hubungan suami istri. Jika dilakukan salah satunya, batal puasanya.
• Keluarnya darah haid dan nifas. Ketika seorang wanita mendapati darah haid, atau nifas batallah puasanya, baik pada pagi hari atau sore hari sebelum terbenam matahari.
• Sengaja muntah, dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut.
• Murtad (tidak lagi Muslim) juga membatalkan puasa. Lho? Untuk apa berpuasa sedangkan iman dan keyakinannya sudah berubah?
Nah… itulah yang sebenarnya…. Dan ada beberapa sumber yang saya ambil dari buku Tirulah Puasa Nabi …. Tentu aja yang saya tahu, makan, minum, bersenggama, itu batal … enggak ada, tuh, ketentuan batal karenga ngupil, ngorek telinga, apalagi ada yang aneh lagi, kentut dalam air…. Cckck lagi aneh-aneh aja … menurut ane sih kalo air bekas dikentutin itu diminum ya batal atuh? Ya, gak? >.<

3 komentar:

  1. Kami mohon maaf selaku Admin BLOG gerakanilluminati.wordpress.com belum bisa menghadirkan nara sumber untuk menjawab pertanyaan2 diBLOG ini. kami mengidentifikasi Bapak CAHYO NAYASWARA hadir dalam blog http://satriopiningitmuncul.wordpress.com , untuk itu silahkan forward komentar2 anda sekalian ke BLOG tsb diatas. TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  2. Harnet15:00

    Klau airr manii keluarr gara 2 baca cerita xxx gmnaa batal gak puasanyaa

    BalasHapus
  3. Beberapa ulama yang membahas tentang ini adalah Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibary dalam kitabnya, Fath al-Mu’in:

    (و) يفطر (بدخول عين) وإن قلت إلى ما يسمى (جوفا): أي جوف من مر
    Artinya: "Batal puasa disebabkan masuknya benda ‘ain (yang jelas, dapat dilihat) sekalipun hanya sedikit kedalam (bagian) yang disebut Jauf; rongga dalam"


    Syeikh Taqiyuddin Abu Bakar Al-Husaini juga berkata dalam kitabnya, Kifayatul Akhyar (Hlm. 286, Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, Beirut):
    واعلم أنه لا بد للصائم من الإمساك عن المفطرات وهو أنواع : منها الأكل والشرب وإن قل عند العمد وكذا ما في معنى الأكل والضابط أنه يفطر بكل عين وصلت من الظاهر إلى الباطن في منفذ مفتوح عن قصد مع ذكر الصوم وشرط الباطن أن يكون جوفا وإن كان لا يحيل وهذا هو الصحيح
    Artinya: "Ketahuilah, seyogyanya orang yang berpuasa itu menahan dirinya dari segala sesuatu yang dapat membatalkan. Dan itu bermacam-macam, diantaranya adalah makan dan minum dengan segaja walaupun sedikit. Begitupun dengan perkara yang dimaknai makan. Kesimpulannya, puasa menjadi batal dengan masuknya suatu benda, dari luar badan ke dalam badan, melalui lubang yang terbuka, dengan sengaja, dan sedar akan puasanya. Syarat sesuatu disebut 'bagian dalam badan” ialah ada dalam Jauf (rongga dalam). Walapun benda yang masuk tak berubah warna dan demikianlah yang sahih."

    Allah SWT berfirman:

    فَالآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ
    Artinya: “Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (QS Al-Baqarah: 187)

    Ayat diatas menjadi qiyas bagi ulama syafi'iyah untuk landasan hukum. Dimana mengkorek hidung selagi tidak dalam (tidak masuk rongga) adalah tidak membatalkan puasa. Namun sebaliknya apabila melakukan korek hidung maupun korek kuping apabila dilakukan terlalu dalam (sampai rongga) maka membatalkan puasa.

    Beberapa ibarat dalam kitab kuning lainnya yang bisa dijadikan rujukan:

    Syaikh Ibn Rusydi menjelaskan di dalam kitabnya, Bidayat al-Mujtahid:

    واختلفوا من ذلك في مسائل منها مسكوت عنها ومنها منطوق بها أما المسكوت عنها : إحداها فيما يرد الجوف مما ليس بمغذ وفيما يرد الجوف من غير منفذ الطعام والشراب مثل الحقنة وفيما يرد باطن سائر الأعضاء ولا يرد الجوف مثل أن يرد الدماغ ولا يرد المعدة . وسبب اختلافهم في هذه هو قياس المغذي على غير المغذي وذلك أن المنطوق به إنما هو المغذي فمن رأى أن المقصود بالصوم معنى معقول لم يلحق المغذي بغير المغذي ومن رأى أنها عبادة غير معقولة وأن المقصود منها إنما هو الإمساك فقط عما يرد الجوف سوى بين المغذي وغير المغذي وتحصيل

    Syaikh Abu Ishaq Al-Syirazi berkata di dalam kitabnya, Al-Muhadzdzab (Hlm. 586-587, Dar al-Ma’rifat, Beirut):

    ولا فرق بين أن يأكل ما يؤكل أو ما لا يؤكل فان استف ترابا وابتلع حصاة أو درهما أو دينارا بطل صومه لأن الصوم هو الإمساك عن كل ما يصل إلى الجوف وهذا ما أمسك ولهذا يقال : فلان يأكل الطين ويأكل الحجر ولأنه إذا بطل الصوم بما يصل إلى الجوف مما ليس يؤكل كالسعوط والحقنة وجب أيضا أن يبطل بما يصل مما ليس بمأكول

    Kesimpulan
    Puasa batal dengan sebab ngupil atau korek telinga terlalu dalam dan dilakukan dengan sadar dan disengaja. Batasan dalam untuk hidung adalah rongga hidung.

    Wallohu a'lam..
    ***

    BalasHapus